Sebuah lembaga peneliti sektor industri hiburan memprediksikan tahun ini perputaran keuntungan game komputer sekitar 87 miliar dolar. Angka yang cukup besar ini menunjukkan pentingnya game pc dan pengaruh permainan ini di dunia saat ini. Industri hiburan game pc yang telah melewati usia lebih dari 40 tahun kini telah menjadi industri penting dan berpengaruh baik dari sisi ekonomi, budaya, politik dan lain-lain. Keuntungan yang dihasilkan dari industri ini tidak terbatas pada produksi dan penjualan game-game saja, tapi produsen masih tetap meraih keuntungan dengan memanfaatkan kandungannya hingga masa yang cukup lama.
Kini
industri pc game telah membuka banyak lapangan. Sebagai contoh, dalam
Guinness World Records hingga kini telah tercatat empat jilid buku
mengenai rekor yang dicatat khusus terkait game pc. Dalam edisi terbaru
rekor dunia tahun 2011 tentang game pc disebutkan bahwa saat ini manusia
di setiap kelompok umur punya kecenderungan untuk memainkan game dan
menonton video. Rekor termuda dari sisi usia dalam bidang game pc adalah
seorang anak berusia 9 tahun berkebangsaan Jepang yang tinggal di
Tokyo. Ia mampu memainkan game pc layaknya para gamer profesional
lainnya. Sementara pemain game tertua yang dicatat adalah seorang lansia
berusia 85 tahun. Penting untuk dicatat, rata-rata usia mereka yang
bermain game adalah 37 tahun.
Namun
tentu saja ini bukan seluruh kenyataan yang ada terkait game pc.
Sekalipun permainan komputer mendapat sambutan yang luar biasa, tapi
pada saat yang sama juga mendapat kritikan keras dari para pakar
kesehatan di seluruh dunia. Para pakar kesehatan baik fisik maupun
psikis banyak mejelaskan bahayanya permainan komputer. Oleh karena itu
mereka menasihati setiap keluarga agar berusaha keras melawan fenomena
ini.
Seorang
pakar Iran mengatakan, "Ciri khas paling penting dari game pc adalah
kemampuannya menunjukkan dunia yang menarik dari gambar yang bergerak
dan terkesan hidup dengan suara menggelegar. Ciri khas ini punya dampak
negatif bagi anak-anak. Karena hal ini sangat mempengaruhi mereka. Daya
tarik pc game mampu menundukkan jiwa dan badan anak-anak dan menyeret
mereka ke dunia khayalan. Dalam kondisi ini, anak-anak akan menganggap
dirinya sebagai jagoan asli. Ketika merasa dirinya adalah pahlawan, maka
permainan game menjadi sangat mengasyikkan bagi mereka. Di sini
anak-anak bakal menerima apa saja yang ditawarkan game dan lambat laun
terjadi ketidakseimbangan dalam jiwa mereka."
Pengaruh
luar biasa game pc terhadap anak-anak dan bahkan orang dewasa
membuatnya menjadi alat paling potensial untuk mendidik, berdakwah,
mengiformasikan dan bahkan untuk tujuan-tujuan buruk. Itulah mengapa
sebagian negara melarang game pc dengan alasan kemungkinan memprovokasi
anak-anak dan remaja melakukan aksi kekerasan. Tapi kecemasan yang
paling menonjol terkait permainan komputer kembali pada alur cerita,
tokoh dan perilaku yang ditonjolkan berbeda jauh dengan tradisi dan
keyakinan yang ada di tengah masyarakat. Game-game biasanya memberikan
contoh budaya dan sosial yang tidak benar kepada anak-anak.
Kembali
pada pembicaraan sebelumnya dimana game pc juga punya manfaat dalam
memperbaiki dan memperkuat daya ingat anak. Sebagian pakar malah percaya
bahwa anak-anak ketika bermain game, mereka dapat mengeluarkan energi
berlebihan yang dimilikinya. Selain itu banyak juga permainan komputer
yang sukses dan memberikan pengalaman positif kepada pemainnya.
Game-game ini justru meningkatkan kecerdasan dan kemampuan anak-anak
dalam menemukan metode baru. Bahkan ada game yang direkomendasikan
kepada sebagian penderita penyakit jiwa.
Behrouz
Minai, Ketua Lembaga Nasional Permainan Komputer Iran berkeyakinan
selama beberapa tahun terakhir telah diambil langkah-langkah strategis
guna memproduksi game komputer di Iran. Sebagian dari aktivitas lembaga
ini adalah memproduksi puluhan game komputer dan telepon genggam serta
mempersiapkan sejumlah game yang telah sampai pada tahap akhir produksi.
Minai juga mengatakan bahwa game-game yang diproduksi tidak hanya
dijual di dalam negeri, tapi juga akan bersaing di pasar global. Karena
kualitas game-game Iran juga dapat menarik gamer internasional.
Even
terbaru di bidang permainan komputer menjadi bukti bahwa game pc Iran
ternyata mendapat perhatian khusus mengingat kemajuan industri game
pcnya baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. Pameran Internasional
Games Com 2011 yang berlangsung bulan Agustus lalu di Jeman telah
menjadi ajang produsen game pc Iran untuk unjuk kemampuan memamerkan
produk-produk terbarunya. Dalam pameran ini Iran meluncurkan sejumlah
game Iran yang kemudian disambut antusias para distributor game dunia.
Pameran
ini diselenggarakan dalam dua bidang; bisnis dan hiburan. Selama
pameran, game-game komputer menemukan pembelinya untuk didistribusikan
ke negara-negara lain. Republik Islam Iran dalam pameran ini membawa
sejumlah nama game terkenal Iran seperti Mir Mahna, Ganje Penhan, Dastan
Jazireh, Kouhnavard, Tala-ye Siah, Ghalb-e Simourgh dan Mazraeh Royai.
Para distributor negara-negara Inggris, Jerman, Italia, Rumania dan
Perancis menyatakan keinginan mereka mendistribusikan game-game Iran di
negaranya. Sebagian distributor Asia bahkan menyatakan siap
mendistribusikan game-game produksi Iran, sekalipun belum melihat
hasilnya. Karena menurut mereka, kualitas dan kandungannya tidak punya
masalah bila dijual di negara mereka.
Tapi
yang menarik untuk dipertanyakan adalah apa rahasia keberhasilan
permainan komputer Iran? Padahal investasi di sektor ini masih terbilang
belum lama dilakukan, tapi disambut baik oleh para pakar bisnis hiburan
dan gamer dunia.
Poin pertama kembali
pada pemanfaatan teknologi baru dalam produksi dan menjaring para
pemuda Iran yang mumpuni. Saat ini ada puluhan perusahaan yang bekerja
di bidang produksi game-game di Iran. Seluruh pekerjanya berasal dari
Iran dan lulusan negara ini.
Poin kedua
yang patut diperhitungkan adalah kandungan game-game yang diproduksi
Iran. Kebanyakan permainan komputer yang diproduksi di Iran mengambil
seting legenda atau peristiwa sejarah kontemporer Iran. Dalam game-game
ini tidak akan ditemukan aksi-aksi kekerasan yang melampaui batas,
apalagi kasus-kasus amoral. Oleh karenanya, setiap game Iran yang
diproduksi diperuntukkan bagi segala umur. Dengan demikian, orang tua
dengan perasaan tenang melihat anak-anaknya memainkan game komputer Iran
yang memang diperuntukkan buat mereka. Dari sisi ini, Iran masih
melihat peluang besar di sektor industri game pc, terutama dari sisi
kandungan dan moral. (IRIB/SL/NA/10/9/2011)